get app
inews
Aa Read Next : Dukungan untuk Alex Chandra jadi Bupati Brebes Makin Menggelora, Buruh Tani Nyatakan Deklarasi

Penyakit Seksual HPV Bisa Menular Lewat Toilet Duduk, Ini Faktanya

Senin, 14 November 2022 | 22:41 WIB
header img
Penyakit seksual HPV bisa menular lewat toilet duduk, Ini Faktanya. Foto: Ilustrasi/Istimewa.

JAKARTA, iNewsBrebes.idPenyakit seksual HPV bisa menular lewat toilet duduk, Ini Faktanya. Belum lama ini beredar informasi terkait sejumlah penyakit seksual yang disebut-sebut bisa menular melalui penggunaan toilet umum.

Salah satunya human papilloma virus (HPV), yakni virus penyebab kanker serviks. Lantas, apa itu HPV dan benarkah bisa menular lewat penggunaan toilet duduk di toilet umum?

HPV merupakan virus yang menyebabkan kutil kelamin dan kanker, yang penyebarannya bisa terjadi lewat aktivitas seks. HPV dapat menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita.

HPV sering dialami oleh remaja dan orang dewasa muda yang aktif berhubungan intim, yaitu pada pria berumur 20-24 tahun dan wanita berumur 16-19 tahun.

Penyebaran HPV tak hanya bisa terjadi lewat aktivitas seks, namun juga terdapat beberapa faktor risiko infeksi. Mulai dari berbagi barang pribadi, seperti handuk, sapu tangan, atau kaus kaki, sistem kekebalan tubuh lemah, seperti pada pengidap HIV/AIDS atau menjalani kemoterapi, tidak menjaga kebersihan dengan baik salah satunya kebersihan toilet atau sanitasi.

Virus HPV hidup dalam sel permukaan kulit yang masuk melalui luka di kulit. Penyebaran infeksi HPV dapat terjadi melalui kontak langsung dengan kulit penderita.

Sebagian besar virus HPV menimbulkan kutil di kulit, sedangkan sebagian lainnya dapat memasuki tubuh melalui hubungan seksual. Ibu hamil juga bisa menularkan virus ini pada bayinya saat persalinan. 

Infeksi virus HPV umumnya tidak menimbulkan gejala. Namun, pada beberapa kasus, virus ini dapat bertahan hingga menimbulkan gejala berupa tumbuhnya kutil di permukaan kulit, seperti di lengan, tungkai, wajah, dan kelamin.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut