get app
inews
Aa Read Next : Puluhan Anggota PPK di Brebes Diambil Sumpah dan Dilantik untuk Pilkada 2024

Orang Jawa Dilarang Melanggar 7 Pantangan, Masih Percaya?

Senin, 31 Oktober 2022 | 07:26 WIB
header img
Orang jawa dilarang melanggar 7 pantangan ini. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsBrebes.id Orang jawa dilarang melanggar 7 pantangan ini, masih percaya?. Meskipun hanya mitos, pantangan-pantangan ini sebenarnya memiliki alasan yang logis di baliknya.

Pantangan sebagai sebuah tradisi merupakan suatu perintah yang didalamnya berisikan larangan untuk melakukan sesuatu di mana jika melanggar biasanya dipercaya akan terjadi hal- hal negatif. Dalam perkembangannya pantangan dalam masyarakat saat ini menjadi bagian dari kultur budaya dan sejarah belaka.

Inilah sederet pantangan orang Jawa yang tidak boleh dilanggar. Apabila dilanggar, orang tersebut biasanya akan mendapat sanksi atau ancaman.  

Namun penyampaian ancaman atau sanksi dari pantangan yang justru membuat banyak orang pada zaman sekarang tidak begitu mempercayainya.

Lantas apa saja pantangan apa saja yang tidak boleh dilanggar oleh orang Jawa?. Dikutip dari iNews.id berikut Orang jawa dilarang melanggar 7 pantangan ini.

Pantangan orang Jawa yang tidak boleh dilanggar:

7. Menyisakan makanan 

Orang Jawa tidak diperkenankan menyisakan makanan. Apabila pantangan ini dilanggar, maka ayam yang dipelihara diyakini akan mati. 

Meskipun tidak logis, menyisakan makanan memang tidak dianjurkan karena terlihat tidak mensyukuri nikmat yang diberikan Tuhan. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika mengambil makanan secukupnya sesuai dengan kebutuhan. 

6.Duduk di atas bantal 

Orang Jawa terbiasa dengan larangan untuk duduk di atas bantal. Mereka meyakini bahwa aktivitas ini dapat membuat seseorang menjadi bisulan. 

Namun usai dinalar, pantangan ini ternyata berhubungan dengan faktor kesopanan. Pasalnya, orang Jawa menganggap tidak sopan jika bantal yang biasa menjadi tempat kepala bersandar justru diduduki.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut