get app
inews
Aa Read Next : Terkait Gagal Ginjal Akut, Ini Kata Ka Dinkes Brebes

Kemenkes Ingatkan Masyarakat Soal Obat Sirup, Ini Penjelasannya

Rabu, 26 Oktober 2022 | 10:47 WIB
header img
Kemenkes ingatkan masyarakat soal obat sirup, ini penjelasanya. (Foto: Ilustrasi/Ist)

JAKARTA, iNewsBrebes.id Kemenkes ingatkan masyarakat soal obat sirup, ini penjelasanya. Kementrian Kesehatan (Kemenkes) mengingatkan masyarakat untuk tetap berhati-hari dalam penggunaan obat, terlebih saat ini tengah marak kasus gagal gunjal akut.

Penyebab gagal ginjal akut yang terjadi pada anak-anak Indonesia sampai saat ini masis misterius, kasus yang sudah banyak terjadi ini diduga diakibarkan adanya kandungan yang berlebih dalam obat sirup. Itu sebebnya masyarakat khususnya  Alhasil masyarakat, khususnya kaum ibu memiliki persepsi bahwa obat sirop berbahaya dan menimbulkan penyakit pada anak.  

Melihat banyaknya pandangan yang keliru tersebut, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menerangkan bukan karena obatnya (obat sirop), melainkan kandungan dalam obat yang diduga jadi penyebab gangguan ginjal akut pada anak. Kandungan dalam obat sirup tersebut yaitu etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG). 

Dijelaskan kedua senyawa ini memang digunakan sebagai pelarut dalam obat sirup. Namun jika digunakan berlebih atau dikonsumsi melewati ambang batas maka efeknya bahaya pada ginjal. Diketahui minimal pemakaian atau Tolerable Daily Intake (TDI) untuk cemaran EG dan DEG sebesar 0,5 mg/kg berat badan per hari.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut