get app
inews
Aa Read Next : Uang Kuno Seharga Miliaran Rupiah, Ini Daftar Koleksinya

7 Uang Kertas Kuno Indonesia dan Dunia, yang Bernilai Ratusan Juta

Selasa, 23 Agustus 2022 | 10:51 WIB
header img
Tujuh uang kertas kuno Indonesia dan dunia, yang bernilai ratusan juta. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Tujuh uang kertas kuno Indonesia dan dunia, yang bernilai ratusan juta. Ada sederet uang kertas kuno Indonesia dan dunia yang perlu Anda ketahui sebagai kolektor

Tak jarang, uang kuno ini memiliki harga yang sangat fantastis sehingga diburu banyak orang. Faktor kelangkaan dan faktor usia membuat banyak uang kertas kuno baik di Indonesia maupun dunia dihargai dengan nilai yang sangat tinggi. 

Berikut ini MNC Portal menghimpun beberapa uang kertas kuno Indonesia dan dunia yang bisa Anda jadikan referensi dalam berinvestasi di instrumen ini, Selasa (23/8/2022).

Uang Kertas Kuno Dunia

Beberapa uang kertas kuno dunia yang tercatat memiliki nilai tinggi dan banyak diminati kolektor antara lain sebagai berikut. 

1. Uang Kertas Dinasti Ming China

Uang kertas kuno yang banyak diminati adalah uang kertas dari Dinasti Ming di China. Uang ini dicetak pada masa Dinasti Ming di abad ke-3. Uang ini ditemukan di dalam sebuah patung kayu kuno. Uang kertas masa Dinasti Ming ini pun dilelang dengan harga fantastis yakni mencapai USD35.806 atau setara dengan Rp536 juta untuk nilai saat ini. Nilai tinggi tersebut disebabkan oleh usia uang kertas yang sangat tua dan faktor kelangkaannya. 

2. Uang Kertas USD1.000 Amerika Serikat

Salah satu uang kertas kuno dari Amerika Serikat adalah uang kertas pecahan USD1.000 yang diproduksi 1890. Uang ini termasuk jenis uang langka yang banyak diminati kolektor. Beberapa sumber menyebutkan bahwa uang ini bahkan dilelang dengan harga mencapai USD3,29 juta atau setara dengan Rp49 miliar untuk nilai saat ini. 

3. Uang Kertas 100 Pound Selandia Baru

Selandia Baru tercatat pernah menggunakan mata uang pound sebelum menggunakan dolar seperti sekarang. Mata uang pound digunakan pada tahun 1840 dan berganti dolar pada 1967. Oleh karena itulah, uang pecahan pound yang pernah digunakan pada masanya menjadi uang kuno yang saat ini sangat langka dan bernilai tinggi. Salah satu uang kertas kuno yang banyak dicari para kolektor adalah uang kertas pecahan 100 pound yang diterbitkan pada 1929. Uang terbitan Bank of New Zealand itu sempat dilelang dengan harga mencapai USD11,5 ribu atau setara dengan Rp172,4 juta nilai saat ini. 

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut