Puluhan Anggota PPK di Brebes Diambil Sumpah dan Dilantik untuk Pilkada 2024

Petra Akbar
Suasana saat ketua KPU Brebes melantik PPK. Foto:Petra Akbar

BREBES, iNews.id - KPU Brebes melantik dan mengambil sumpah 85 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada Kabupaten Brebes dan Pilgub Jateng 2024, Kamis (16/05/2024) di Gedung Korpri.

Ketua KPU Brebes Manja Lestari Damanik berharap, kepada anggota PPK yang baru dilantik agar mengetahui dan memahami tugas kewenangan serta kewajiban yang ada. 

"Tidak hanya memahami tapi harus diaplikasikan. Jadi, kepada anggota PPK yang baru dilantik harus benar-benar memahami dan mengetahui tugas, kewenangan dan kewajibannya," ujarnya.

Manja menjelaskan, PPK yang baru dilantik ini diharapkan dapat bekerja dengan maksimal dalam pesta demokrasi yang akan di gelar November mendatang. Yakni, pemilihan gubernur, bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota pada 27 November 2024 mendatang.

"Jadi kepada anggota PPK yang baru dilantik nanti harus disiapkan alat tempurnya. Apa itu alat tempurnya, yakni, harus memahami regulasi dan peraturan yang ada," jelasnya 

Manja menegaskan, anggota PPK yang baru dilantik jangan sampai melenceng dari aturan yang ada. Jangan hanya dibaca tapi harus diaplikasikan.

 "Tadi juga perwakilan PPK sudah membacakan fakta integiritas dan disumpah jabatannya, jadi harus maksimal dalam bekerja," ucapnya. 

Terakhir dalam sambutannya, dirinya berharap anggota PPK harus bisa bekerja lebih maju dan lebih baik dari sebelumnya. Pasalnya, dalam seleksi anggota PPK kali ini, kata dia, pihaknya memiliki pertimbangan yang sangat luar bisa. Karenanya, atas pertimbangan itu harus bisa bekerja lebih vaik lagi.

"Dan jangan lupa, setelah dilantik hari ini anggota PPK harus bisa bekordinsi dengan stakeholder dengan instansi yang ada di kecamatan masing-masing. Sehingga, Pilkada nanti bisa berjalan dentan lancar," pungkasnya.

Sementara itu, perwakilan PPK Tanjung yang membacakan pakta integeritas Agung Herliyanto menyebutkan akan melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan pemilu atau pemilihan di tingkat TPS yang telah ditetapkan oleh KPU Republik Indonesia, KPU Provinsi Jawa Tengah dan KPU Kabupaten Brebes dengan bersungguh-sungguh, transparan dan tanggung jawab.

Kemudian memperlakukan secara adil, imparsial, dan non-partisan kepada peserta Pemilu/Pemilihan dan para pihak yang memiliki preferensi politik tertentu tanpa terkecuali. Serta .elayani pemilih untuk mendapatkan sosialisasi, informasi, dan dapat menggunakan hak pilih dalam rangka memenuhi hak konstitusional warga negara.

"Berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk mensukseskan dan meningkatkan kualitas pemilu atau pemilihan, dengan tetap menjunjung tinggi prinsip kemandirian, imparsialitas, non-partisan dan adil," ucapnya.

Selanjutnya, menolak pemberian, permintaan, dan perjanjian dalam bentuk apapun baik secara langsung atau tidak langsung yang memberi harapan yang menyimpang dari prinsip-prinsip pemilu atau pemilihan yang jujur dan adil bagi peserta Pemilihan, calon serta pihak-pihak yang memiliki preferensi politik tertentu.

Mencegah dan tidak melakukan praktek korupsi, kolusi dan nepotisme.

Mencegah terjadinya pelanggaran pemilu atau pemilihan oleh peserta, simpatisan, masyarakat, sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Melakukan pencegahan dan penegakan kode etik terhadap pelanggaran setiap tahapan penyelenggaraan pemilu atau pemilihan.

Membantu KPU Kabupaten Brebes dalam menyelenggarakan pemilu.

"Bekerja sampai pada berakhirnya mandat jabatan dengan sepenuh waktu, jujur dan adil. Apabila saya melanggar apa yang tercantum dalam Pakta Integritas ini, saya bersedia dikenakan sanksi moral, sanksi administrasi dan dituntut sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan," pungkasnya.

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network