get app
inews
Aa Read Next : Tahapan Pilkada 2024 Dimulai, KPU Brebes Buka Pendaftaran Anggota PPK 

Warga di Kecamatan Banjarharjo Brebes Kesulitan Air Bersih, Dapat Bantuan dari Pengusaha Tajir

Rabu, 26 Juli 2023 | 14:19 WIB
header img
Warga di Kecamatan Banjarharjo kesulitan air bersih. Foto: Istimewa

BREBES, iNews.id - Krisis air mulai dirasakan oleh masyarakat di tiga desa di wilayah Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes. Ketiga desa yang mengalami kesulitan air bersih tersebut diantaranya Desa Tiwulandu, Cigadung dan Cihaur.

Dan untuk membantu warga di tiga desa seorang pengusaha asal Kecamatan Brebes Shintya Sandra Kusuma menyalurkan air bersih di tiga desa tersebut. Sedikitnya, ada 8 mobil berisi masing-masing 7.000 liter air bersih disalurkan untuk tiga desa tersebut.

"Tadi Mba Shintya pengusaha dari Brebes menyalurkan 8 mobil berisi air bersih masing-masing 7.000 liter dibagikan ke masyarakat yang ada di 3 desa tersebut,"ucap Anggota DPRD Brebes Didi Tuswadi kepada media.

Harapannya, air besih ini bisa membantu warga di tiga desa itu yang sudah mengalami kesulitan air bersih beberapa hari tetakhir,"tandas dia.

Sementara, Kepala Desa Cigadung, Darno salah satu wilayahnya yakni Dukuh Beber mulai krisis air bersih. Apalagi, pedukuhan tersebut sama sekali tidak ada sumber mata air.

Sedangkan untuk keperluan mandi dan mencuci, warga mengandalkan dari air irigasi yang dialirkan melalui pipa ke rumah-rumah warga. Namun, dalam sepekan terakhir, sudah mulai kesulitan.

Darno menjelaskan, krisis air di wilayah pedukuhan tersebut sudah terjadi sejak lama. Bahkan, pernah ada bantuan pengeboran hingga kedalaman lebih dari 125 meter. Namun, tidak ada hasil karena tidak adanya sumber mata airnya.

Sedangkan untuk kebutihan sehari-hari mulai dari minum dan memasak warga setempat harus membeli air bersih. Di mana, satu dirigennya seharga Rp3.000 rupiah.

Terpisah, Camat Banjarharjo Eko Purwanto mengatakan, pihaknya sudah memberikan informasi ke tiap desa terkait masalah kekeringan. Jika ada desa yang sudah mulai kesulitan air bersih, kata dia, bisa segera membuat surat permohonan bantuan air bersih.

"Kami sudah menyampaikan ke tiap-tiap desa, jika ada wilayahnya yang mulai kesulitan air bersih, silahkan buat surat permohonan bantuan. Dan sampai saat ini, belum ada yang membuat surat permohonan itu. Dan tadi, ada bantuan air bersih yang dibagikan di tiga desa," pungkasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut