get app
inews
Aa Read Next : Beraksi di 12 TKP, 2 Residivis Curanmor Kembali Diringkus Resmob Brebes

Berikut 15 Desa di Brebes yang Masih Rendah Sadar Pajak Bumi Bangunan

Selasa, 06 Juni 2023 | 20:51 WIB
header img
Kepala Bapenda Brebes Subandi menyebut 15 Desa di Brebes masih rendah sadar PBB. Foto: Petra Akbar

BREBES, iNews.id - Memasuki akhir triwulan II, realisasi capaian Pajak Bumi Bangunan (PBB) 15 Desa di Kabupaten Brebes terbilang masih rendah yakni dibawah 1 Persen. 

Data dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Brebes total ada 15 desa yang capaian PBB nya masih rendah di bawah 1 persen. Dari 15 desa itu tersebar di enam kecamatan. 

"Bahkan ada salah satu desa yang sampai akhir Mei lalu masih 0 persen capaian PBB nya," ujar Kepala Bapenda Brebes, Subandi saat ditemui media di ruang kerjanya, Selasa (6/6/2023).

Pihaknya menyebutkan, 15 desa tersebut tersebar di 6 kecamatan. Yakni, Kecamatan Ketanggungan, Brebes, Larangan, Jatibarang, Wanasari dan Songgom.

Meskipun ada 15 desa yang masih di bawah 1 persen capaian PBB, lanjutnya, ada 15 desa yang sudah 100 capaian PBB. 

Yakni, Desa Kadumanis, Gandoang, Ciputih, Windusakti, Winduasri dan Desa Capar, Kecamatan Salem. Kemudian di Kecamatan Bantarkawung, yakni Desa Waru. Kecamatan Paguyangan yakni Desa Cipetung.

Kemudian di Kecamatan Sirampog ada Desa Batursari dan Desa Mendala. Kecamatan Losari ada tiga desa yang sudah 100 persen yakni, Desa Jatisawit, Blubuk dan Desa Losari Kidul. Selanjutnya, Kecamatan Tonjong ada Desa Negarayu. Sedangkan di Kecamatan Bumiayu ada Desa Kalisumur.

"Hingga akhir Mei lalu, desa yang capaian PBB nya di bawah 50 persen masih banyak," jelansya.

Berbagai upaya juga telah dilakukan pihaknya dalam mencapai capaian target PBB di Kabupaten Brebes. Salah satunya, turun ke desa-desa yang capaian PBB nya masih rendah. Yakni, memberikan motivasi serta solusi bagi permasalahan administrasi SPPT PBB - P2 dengan membuka pelayanan sampai 31 Agustus 2022

"Yang jelas, kami terus mendorong agar capaian PBB di tiap desa itu bisa tercapai. Sehingga, target PBB tahun ini bisa terpenuhi," pungkasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut