get app
inews
Aa Read Next : Ikuti Jejak Ayahnya, Captain Pilot Anak Mantan Bupati Brebes Ini Daftar Bakal Calon Bupati 

Kuras Uang Korban Rp8,5 Juta, Pelaku Penipuan Modus Ganjal ATM di Brebes Diringkus

Sabtu, 27 Mei 2023 | 19:27 WIB
header img
Kapolres Brebes AKBP Guntur M Tariq saat memberikan keterangan terkait kasus ganjal ATM. Foto: Petra Akbar

BREBES, iNews.id - Satreskrim Polres Brebes berhasil meringkus 4 pelaku pencurian dengan modus ganjal di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) komplotan Lampung yang menggunakan tusuk gigi. Para pelaku diduga kerap beraksi di beberapa titik di wilayah Brebes. 

"Sat Reskrim Polres Brebes Polda Jateng berhasil mengungkap kasus pencurian uang dalam ATM. Jadi, modusnya adalah dengan cara ganjal ATM dengan tusuk gigi," ujar Kapolres Brebes AKBP Guntur M. Tariq dalam Konferensi Pers di halaman Sat Reskrim Brebes, Kamis (25/5/2023).

Kapolres mengugkap, keempat pelaku merupakan komplotan asal Lampung dengan modus kejahatan mengganjal mesin ATM dengan tusuk gigi.

“Terakhir pelaku berhasil menguras rekening milik korban yang di debit oleh orang tidak dikenal, sehingga total soldo di rekening sejumlah Rp. 8,5 Juta di wilayah Kecamatan Songgom,” imbuhnya.

Pihaknya juga menghimbau, kepada masyarakat dalam melakukan transaksi menggunakan ATM untuk lebih berhati-hati dan waspada, pastikan kondisi ATM sesuai dengan prosedur.

"Jangan lupa untuk cek dan ricek mesin ATM maupun cctv sekitar lokasi jika perlu gunakan mesin ATM yang ada security," pesannya.

Sementara itu Kasat Reskrim AKP I Dewa Gede Ditya Krishnanda menjelaskan pelaku beraksi dengan berpura-pura ingin membantu serta menawarkan solusi pengambilan uang di mesin ATM. 

“Keempat pelaku mempunyai peran masing-masing. Ada yang mengganjal mesin ATM kemudian ada yang menawarkan bantuan maupun menghafal PIN ATM calon Korban,” jelas Kasat Reskrim

Dewa menambahkan, korban yang melakukan transaksi di ATM tidak menyadari jika kartu ATM sudah ditukar oleh pelaku dengan kartu ATM jenis yang sama. Sementara di tempat lain pelaku sudah menguras isi ATM korban dengan di transfer ke rekening milik pelaku. 

“Sementara ini pelaku merupakan komplotan baru yang berasal dari Lampung yang beraksi dengan modus mengganjal kartu di mesin ATM. Namun sudah melakukan aksinya di beberapa lokasi dan Polres Brebes akan melakukan pengembangan untuk mengetahui korban lainnya,” imbuh Kasat Reskrim.

Beberapa barang bukti seperti kendaraan pelaku berikut puluhan kartu ATM dan tusuk gigi diamankan guna pemeriksaan lebih lanjut. 

"Atas perbuatannya, pelaku dijerat pasal Pasal 363 Ayat (1) KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara," pungkasnya.

Editor : Miftahudin

Follow Berita iNews Brebes di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut