get app
inews
Aa Read Next : Diduga Keracunan Gegara Makan Nasi Kotak, Puluhan Warga Kubangjati Brebes Dievakuasi ke Rumah Sakit 

Ida Fauziah Sebut Sejumlah Negara Puas dengan Kinerja TKI

Selasa, 18 Oktober 2022 | 09:15 WIB
header img
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah menyebutkan kalau sejumlah negara puas dengan kinerja TKI. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsBrebes.id Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah menyebutkan kalau sejumlah negara puas dengan kinerja TKI. Sehingga negara-negara ini masih membutuhkan Tenaga Kerja Indonesia.

Negara yang membutuhkan tenaga kerja dari Indonesia seperti Korea, Jepang, Negara di Timur Tengah, hingga Eropa. Oleh karena itu, menurutnya penting untuk membentuk skil hingga kompetensi sumber daya manusia (SDM) agar siap menghadapi permintaan tenaga kerja dari negara asing.

"Kita cukup bangga karena ternyata pekerja migran dari Indonesia ini cukup diminati. Tidak hanya dari Korea, tapi dari negara-negara, seperti negara Jepang, Timur Tengah dan beberapa negara Eropa itu sangat tinggi," kata Ida Fauziah, Senin (17/10/2022) yang dikutip dari idxchannel.com.

Ida Fauziah juga mengatakan kalau pihaknya akan menempatkan para TKI yang memiliki kompetensi, untuk itu kesiapan skill dan kompetensi sangat penting sekali. Dan pihaknya pun memastikan untuk penempatan TKI ini sesuai dengan prosedur yang ada.

Hal tersebut dilakukan dengan cara mendorong pemerintah daerah agar lebih memperhatikan kompetensi CPMI (Calon Pekerja Migran Indonesia) mengingat SDM Indonesia saat ini cukup diminati oleh banyak negara.

Selain itu, peningkatan kompetensi sendiri juga merupakan bentuk bagian terhadap perlindungan CPMI. Sebab pemerintah bisa dengan lebih mudah mendata jumlah pekerja migran, dan meminimalisir pekerja migran ilegal.
 

Editor : Miftahudin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut