Kisah Sukses Pemilik Warteg Kharisma, Sempat menjadi Pedagang Asongan

Tim INews.id
Kisah sukses pemilik Warteg Kharisma, hanya lulusan SD hingga modal dari mertua. Foto: Istimewa.

JAKARTA, iNewsBrebes.id Kisah sukses pemilik Warteg Kharisma, sempat menjadi pedagang asongan. Warung Tegal atau biasa dikenal dengan Warteg merupakan salah satu alternatif tempat makan yang banyak digemari masyarakat. 

Hal itu karena lauk yang disediakan bervariasi dan harganya murah. Salah satu warteg yang terkenal dan banyak memiliki cabang di mana-mana, yakni Warteg Kharisma Bahari

Warteg ini didirikan oleh Sayudi pada 1996. Mengutip berbagai sumber, Sayudi yang hanya menamatkan pendidikan terakhirnya sampai Sekolah Dasar (SD) mengadu nasib ke Jakarta pada usia 20-an bersama kakaknya.

Berikut kisah sukses pemilik Warteg Kharisma:

Saat tiba di Ibu Kota, dia bekerja sebagai pedagang asongan di samping warteg milik kakaknya yang berlokasi di Terminal Pulo Gadung, Jakarta Timur. Namun setiap kali berdagang, dia harus menghindar dari petugas agar tidak ditertibkan. 

Hal inilah yang membuatnya terpikirkan untuk membuka warteg setelah beberapa tahun berdagang asongan. Dia membuka warteg pertamanya di Jakarta Selatan dengan nama Modal Mertua (MM). 

Nama unik tersebut diberikan karena pria kelahiran Tegal 1973 tersebut membuka warteg pertamanya dengan modal pinjaman dari mertuanya. Namun, perjalanannya sebagai pengusaha warteg tidak mulus. 

Dia sempat bangkrut dan kembali berdagang asongan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tak putus asa, pria yang akrab disapa Yudi ini kembali usaha warteg, dengan mengambil alih warteg milik temannya yang hampir bangkrut. 

Ternyata rintangan kembali menerpa, warteg tersebut terancam digusur. Namun, karena reformasi pada 1998, rencana penggusuran dibatalkan dan warteg tersebut bertahan selama 1 dekade alias 10 tahun. 

Dari hasil usaha warteg tersebut, dia kemudian memilih membuka warteg sendiri yang diberi nama Warteg Kharisma Bahari. Yudi juga mendirikan kemitraan dengan nama Warteg Kharisma Bahari Group.

"Ide awal membuka kemitraan Kharisma Bahari Group berawal dari ketidaksengajaan. Awalnya kami punya cabang tiga, dua cabang cuma dikelola karyawan saja. Karena semakin lama semakin berantakan, dan minus, akhirnya kami mengajak teman atau keluarga yang ingin membuka warteg yang tidak punya modal dengan pembagian hasil 50-50," kata dia, dikutip dari laman Warteg Kharisma Bahari Group.

Mulai saat itu, Kharisma Bahari Group membuka kemitraan dengan para investor untuk bergabung dengan Warteg Kharisma Bahari Group, hanya dengan beli sekali untuk satu outlet warteg dengan harga Rp130 juta di luar biaya sewa kios. Namun jika investor meminta karyawan dari Kharisma Bahari Group, ke depannya kemitraan mereka berupa bagi hasil. 

Laba bersih yang di dapatkan di bagi dua, 50 persen untuk pengelola dan 50 persen untuk investor. Saat ini, Warteg Kharisma Bahari memiliki lebih dari 400 partner yang terdaftar sebagai mitranya. Selain itu, Warteg Kharisma Bahari juga telah memiliki lebih dari 800 cabang yang tersebar di seluruh Indonesia.  

Editor : Miftahudin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network